Vacum Cleaner untuk bersihkan sensor kamera DSLR

Mungkin selama ini, bagi sebagian besar fotografer atau pemilik kamera baik yang SLR, DSLR atau yang mirror lens akan menggunakan cara manual ketika membersihkan bagian dalam lensa atau body kamera, kini ada cara yang lebih baik.

Terkadang, ketika sedang mengabadikan suatu obyek atau momen, ada satu atau beberapa titik hitam pada gambar yang dihasilkan.
Hal tersebut rata-rata disebabkan karena terdapatnya obyek kecil atau debu yang menempel pada sensor atau bagian dalam lensa atau body kamera.

Tentunya, sebagian besar orang akan menggunakan cara pada umumnya, seperti memakai brush dan blower untuk membersihkan kotoran tersebut. Namun, sekarang telah muncul satu perangkat unik dan efektif untuk membersihkan debu dan kotoran tersebut.

Alat yang dinamakan Fujin ini merupakan alat pembersih yang bertindak seperti vacum cleaner dan dapat menyedot debu dan kotoran yang menempel di sensor atau juga di dalam lensa atau body kamera.

Fujin ini dipasarkan dengan harga USD 34 atau sekitar Rp 400 ribuan. Sayangnya, kemungkinan alat ini belum tersedia atau dipasarkan di Indonesia dan sementara ini hanya tersedia untuk Canon saja.



Sumber: merdeka.com / Engadget.com

Comments